Selasa, Mei 20, 2008

alam sekolah lagi ....


Alam Sekolah Lagi ...

Setelah libur selama seminggu lebih, Alam sekarang harus sudah pergi sekolah lagi. Rutinitas harian yang harus berulang lagi, tidak hanya bagi Alam tetapi bagi ayah yang selalu mengantar dan menjemputnya dan pasti juga bagi bapak dan ibu guru-nya.

Pagi tadi, Alam begitu bersemangat untuk menjalani kembali kewajiban-nya sebagai murid kelas 1 sekolah dasar. Mungkin karena sudah bosan menjalani liburan yang memang relatif panjang dan yang pasti bukan karena optimisme yang diinfiltrasi oleh Pak Presiden SBY mencanangkan "Indonesia Bisa" saat peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional.

Saat Alam menjalani ritus liburan-nya Pak dan Ibu Guru-nya memberikan Lembar Kegiatan Ssswa sebanyak 9 jenis yang harus dikumpulkan kembali saat masuk hari ini. Ketika saya ikut nimbrung dengan LKS-LKS Alam, betapa canggih-nya sekarang pelajaran yang harus dicerna oleh anak-anak seusia alam. Untuk pelajaran matematika misal-nya, materi yang diberikan sudah demikian kompleks, tidak hanya penambahan dan penggurangan biasa tetapi sudah relatif rumit. Soal cerita-nya juga sudah demikian rumit dan adapula tentang bilangan loncat dan beberapa lagi materi yang lain. Kadang saya berpikir apakah memang seperti ini yang sudah harus diterima oleh Alam dan kawan-kawan-nya.

Ketika berangkat sekolah, beberapa ruas jalan yang harus dilalui (jalur rutin) ditutup dalam rangka kegiatan Malang Kembali di seputaran Jalan Ijen. Juga berita tentang wafat-nya Pak Ali Sadikin dan Ibu S.K. Trimurti menyertai keberangkatan Alam melalui radio yang memberitakan-nya. Lengkaplah... liburan, lks-lks, masuk kembali, Malang Kembali, Kebangkitan Nasional, Pak Ali dan Bu Trimurti wafat, dan kapan BBM naik???

Berangkatlah Nak... Belajarlah ... Jangan risaukan Indonesiamu ...

Tidak ada komentar: